BARRU - Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Barru menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pelayanan publik lingkungan pemkab Barru, diaula kantor Dinas Pendidikan Barru, pada Kamis (15/12/2022).
Bimtek ini dibuka oleh Asisten III DRH. H. Ma’ruf mewakili Bupati Barru dan dihadiri para ASN sebagai peserta Bimtek.
Baca juga:
Sekda Barru Abustan Buka Rakor RPLP2B
|
DRH. Ma'ruf dalam sambutannya mengatakan, pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas.
Menurutnya, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan ataupun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, utilitas dan lainnya.
"Pelayanan publik merupakan sebuah tuntutan yang berasal dan lahir dari masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan hak dan perlakuan yang layak dari aparatur pemerintahan atau birokrasi dalam melakukan aktivitas dan mempertahankan keberadaannya sebagai warga negara serta agar keinginan mereka dapat terpenuhi", terang Ma'ruf.
Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Barru Dr. Mukti Alimin menjelaskan bahwa tujuan Bimtek ini untuk memberi pemahaman kepada ASN dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat.
"Dalam upaya peningkatan pelayanan publik pemerintah melakukan berbagai upaya dengan menetapkan regulasi – regulasi yang harus ditindaklanjuti dan dipatuhi oleh birokrasi (pemerintah) sebagai penyelenggara pelayanan publik", ungkapnya.
"Tantangan selanjutnya adalah pada pencapaian indeks reformasi birorasi Kabupaten Barru yang saat ini masih dengan kategori CC dimana salah satu area perubahan atau indikatornya adalah pelayanan publik", imbuh mantan ketua DPP Gappembar ini.
(Ahkam/Diman)